comscore
foto

Momen Haru Saat Rossi Resmi Pensiun dari MotoGP

29 Mei 2022 11:22 WIB
Mugello: Nomor start 46 milik Valentino Rossi akhirnya resmi dipensiunkan oleh MotoGP. Seremoninya pun spesial karena dilakukan di sirkuit favorit The Doctor.

Rossi jadi tamu istimewa di sela-sela Kualifikasi MotoGP Italia 2022 yang dihelat di Autodromo Internazionale del Mugello, Sabtu, 28 Mei 2022 malam WIB.

Sebelum sesi tersebut dimulai, seremoni untuk memensiunkan nomor tersebut dilakukan oleh Presiden Federasi Motor Internasional (FIM) Jorge Viegas dan CEO Dorna Carmelo Ezpelata.

Viegas dan Ezpelata lantas memberikan trofi spesial berbentuk angka 46 yang begitu identik dengan Rossi. Setelah Rossi pensiun akhir musim lalu, nomor tersebut juga ikut diturunkan selama-lamanya dari MotoGP.

Dengan nomor itu pula, Rossi berhasil meraih 115 kemenangan dari 235 podium yang berujung sembilan gelar juara dunia, tujuh di antaranya di kelas MotoGP.

Rossi juga diketahui punya rekor yang luar biasa balapan di Mugello. Dia pernah meraih kemenangan tujuh kali berturut-turut pada tahun 2002 hingga 2008.

"Perasaan saya campur aduk. Dari satu sisi, saya sedih harus pensiun, berhenti membalap, dan nomor 46 menghilang dari MotoGP. Di satu sisi, saya merasa senang karena ini adalah sebuah cerita yang panjang dan banyak momen indah dalam karier saya yang tak terlupakan ini. Saya sangat bangga," ujar Valentino Rossi di situs MotoGP.

"Hari ini juga menyenangkan, karena Mugello selalu jadi tempat spesial, ini adalah rumahnya MotoGP Italia, balapan kandang kami, dan juga bagus karena saya selalu mengenakan nomor 46 dari tahun pertama," sambungnya.

Menurut Rossi, 46 tidak hanya sekadar nomor, tapi juga merupakan tanda. Pernyataan tersebut juga bukan sekadar kata-kata, karena 46 sangat identik dengan Rossi. 

Rossi pensiun setelah 26 tahun balapan dan meraih sembilan gelar juara dunia dalam 115 kali balapan. AFP Photo/Filipo Monteforte

(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id