foto
 

    Jokowi: Lumbung Pangan Sumut Jadi Contoh Provinsi Lain

    27 Oktober 2020 16:46 WIB
    Medan: Presiden Joko Widodo mengatakan lumbung pangan di Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi contoh bagi provinsi lain yang juga akan membangun food estate.

    Hal itu disampaikan Presiden saat meninjau lokasi lumbung pangan di Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut, Selasa, 27 Oktober 2020.

    "Ini akan jadi contoh untuk provinsi lain yang ingin membangun 'food estate," Presiden.

    Presiden mengatakan Indonesia memiliki dua provinsi yang akan dipakai memulai program lumbung pangan yakni di Sumut dan Kalimantan Tengah.

    Di Sumut sendiri tersedia lahan 60 ribu hektare, dan yang akan digunakan untuk food estate adalah seluas 30 ribu hektare.

    Jokowi menjelaskan food estate di Kabupaten Humbahas dan beberapa wilayah lainnya di Sumut akan menghasilkan komoditas pangan kentang, bawang merah, dan bawang putih.

    "Insya Allah, nanti ini sudah dimulai, dan kita lihat hasilnya kira-kira nanti dua bulan sampai 2,5 bulan," ujar Jokowi.

    Bahan pangan yang dihasilkan di lumbung pangan di Humbahas berbeda dengan yang dihasilkan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Kalteng. Di lumbung pangan Pulau Borneo itu, food estate akan menghasilkan padi dan singkong.

    "Sudah dua kali saya ke Kalteng, di sana akan dibangun food estate khusus untuk padi, dan untuk singkong," tambah Presiden.

    Di Sumut, selain Humbahas, terdapat beberapa kabupaten lainnya yang akan menerapkan program food estate yakni Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat.

    Lahan di Sumut yang akan digunakan sebagai lumbung pangan tersebar di beberapa kabupaten yakni di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev


    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id