comscore
foto

Penampakan Pesawat Pembom B-52 AS Saat Latihan Bersama TNI AU

02 September 2021 15:41 WIB
Jakarta: TNI Angkatan Udara dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) melaksanakan latihan bersama yang bertajuk 'Bomber Exercise' di atas Laut Sulawesi pada Rabu, 1 September 2021.

Latihan tersebut melibatkan sejumlah alutsista pesawat kedua angkatan udara, baik pesawat pembom (bomber), pesawat tempur, dan juga pesawat intai.

TNI AU menerbangkan dua pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, dan satu pesawat Boeing 737 Intai dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Sementara itu, US PACAF menerjunkan dua pesawat pembom jenis B-52 dari 2nd Bomb Wing dari Barksdale Air Force Base, Louisiana Amerika Serikat.

Latihan tersebut merupakan penerbangan integrasi pertama dalam sejarah yang melibatkan pesawat pembom milik AS dan pesawat milik TNI AU.

Bomber Exercise tersebut diselenggarakan melalui dua skenario latihan yakni Command and Control (C2) oleh Kosekhanudnas II Makassar dengan melibatkan Satuan Radar 225 Tarakan, 224 Kwandang, serta pelaksanaan latihan Escort oleh 2 pesawat F-16.

Latihan bersama yang diselenggarakan secara rutin tiap tahun ini bertujuan mempererat hubungan kerjasama antara TNI AU dengan US PACAF dan untuk saling bertukar pengalaman dan kemampuan dalam melaksanakan sejumlah misi operasi udara. AFP PHOTO/Indonesian Air Force/militer.udara/Dinas Penerangan TNI AU

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id