foto
 

    KPU Uji Coba Sirekap

    09 September 2020 16:01 WIB
    Jakarta: Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan uji coba aplikasi E-rekap/sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) pilkada serentak di SOR Volly Indoor Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu, 9 September 2020.

    Uji coba aplikasi Sirekap tersebut dalam rangka mempersiapkan pemungutan, penghitungan suara, sampai dengan tahapan rekap guna memastikan kesiapan penggunaannya dalam penyelenggara Pilkada Serentak 2020 di sejumlah daerah.
    Menurut Ketua KPU Arief Budiman, penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan pemilu dapat menangkal berbagai kecurangan dan juga dapat berjalan dengan transparan.

    "Dengan transparannya tahapan pemilu akan memicu kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara. Hal ini karena masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi tahapan dan hasil pemilu," katanya saat pembukaan uji coba dan simulasi E-rekap/Sirekap.

    Arief menyatakan bahwa dengan mempersingkat tahapan pilkada, maka dapat mencegah mahalnya biaya penyelenggaraan, penyelesaian sengketa pemilu juga dapat dipecahkan dalam waktu pendek, dan lebih ramah lingkungan.

    Selain itu, Arief menambahkan, tenaga seluruh penyelenggara di lapangan seperti petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tidak terkuras.

    "Sebelumnya, KPU menerima keluhan banyaknya petugas KPPS yang lembur saat penghitungan secara manual pada pemilu terdahulu," ujarnya. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id