foto
 

    Potret Jokowi, Soeharto, dan Soekarno Memuliakan Ibu

    26 Maret 2020 19:38 WIB
    Jakarta: Presiden Joko Widodo baru saja kehilangan sosok yang sangat dicintainya. Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo, wafat pada Rabu, 25 Maret 2020 di usia 77 tahun karena sakit kanker.

    Jokowi turut serta memakamkan ibundanya, Sudjiatmi Notomihardjo, di kompleks permakaman keluarga di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, 26 Maret 2020. Jokowi turun langsung ke liang lahat saat prosesi pemakaman. 

    Sebelumnya, Presiden dan keluarga melaksanakan tradisi 'brobosan, yang merupakan simbol kedekatan anak dengan orang tuanya.

    Jokowi dikenal sangat dengan ibunda. Sudjiatmi merupakan sosok di balik kesuksesan Jokowi sejak dirinya meniti karier di dunia politik.

    Beberapa momen kedekatan Jokowi dengan ibunda seperti saat pelantikan sebagai Presiden untuk periode kedua. Sementara saat Idul Fitri dan Hari Ibu, Jokowi selalu sungkem kepada ibunya.

    Presiden Soeharto pun dikenal sangat memuliakan sang ibu. Hal itu ditunjukkan Soeharto pada suatu saat menggendong ibunya turun dari mobil. Sebenarnya, dia bisa saja meminta pengawal atau ajudan. Namun hal itu justru dilakukan sendiri walaupun dirinya juga sudah nampak sepuh. Penghormatan kepada ibu begitu tinggi diamalkan oleh Soeharto. 

    Sebagaimana halnya juga dilakukan oleh Presiden Soekarno. Meski dikenal sosok yang tak gentar dengan penjajah Belanda dan menjadi pemimpin yang disegani dunia, Sang Proklamator sangat tunduk dengan ibunya yang bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Sebagai penghormatan, Soekarno juga selalu sungkem kepada ibunya. 

    Siapapun yang memuliakan orang tuanya di dunia, maka Allah akan mengangkat derajatnya tinggi-tinggi. Dok.Istimewa/ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id