comscore
foto

Pemkab Ciamis Akan Meledakkan Batu Besar yang Tutup Jalan Desa

29 Juni 2022 19:13 WIB
Ciamis: Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berencana akan meledakan batu ukuran besar menggunakan dinamit yang telah mengalami jalan di Dusun Karangwangkal, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Peledakan batu ukuran besar sebagai langkah terakhir, agar warga bisa beraktivitas kembali secara normal.

Staf Ahli Bupati Ciamis Bidang Hukum dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Ani Supiani mengatakan, dari hasil pengecekan ke lokasi longsor yang membawa material hingga batu berukuran 7x5 meter dengan tinggi 6 meter memang telah menimbun jalan desa dan menyebabkan 110 kepala keluarga atau 250 jiwa terisolasi. Namun, petugas gabungan sudah membersihkan material longsoran tapi batu ukuran besar tidak bisa dilakukan.

"Hasil pengecekan ke lokasi longsor memang untuk material tanah sudah dibersihkan, tetapi batu ukuran besar yang menutup badan jalan yang baru diperbaiki dengan dicor itu memang tidak bisa dievakuasi hingga kondisinya juga masih menghalangi. Akan tetapi, para pejalan kaki dan pengendara motor baru bisa melintas tapi bagi mobil harus memutar arah," katanya, Rabu, 29 Juni 2022.

Ia mengatakan, bencana longsor yang terjadi di Kampung Karangwangkal, Desa Kawasen, tidak menimbulkan korban jiwa tetapi ratusan warga sebelumnya terisolasi setelah material longsor menimbun jalan desa hingga evakuasi material sudah dibersihkan. Namun, beberapa langkah sudah dilakukan dengan berencana membuat jalan baru berada di sebelah kanan dan kiri tapi tidak bisa dilakukan.

Sebelumnya, hujan deras yang membawa material longsor dan batu besar menutup ruas jalan di Dusun Karangwangkal, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis dan menyebabkan ratusan warga terisolasi karena dari mereka harus memutar arah. Kejadian itu tidak menyebabkan korban jiwa, tetapi tebing setinggi 20 meter masih berbahaya bagi para pejalan kaki. Foto: Staf Ahli Bupati Ciamis

(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id