foto
 

    Mentan SYL Ikut Panen Jagung Serempak di 130 Kabupaten

    29 September 2021 20:28 WIB
    Jakarta: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ikut dalam kegiatan Panen Jagung Nusantara secara serempak di 130 kabupaten Indonesia. Kegiatan ini guna membuktikan stok jagung dalam negeri tersedia dalam memenuhi bahan pakan secara mandiri.

    "Hari ini saya sangat yakin melihat fakta dan kondisi lapangan, Grobogan bahkan memperlihatkan 12 km dari jalan ini, kiri kanan yang kita lewati semua jagung dan hasilnya juga lebih baik dari tahun lalu," kata Syahrul usai melakukan Panen Jagung Nusantara di Desa Banjarsari, Kecamatan Kradenan, Grobogan yang turut diikuti daerah lainnya secara virtual, Rabu, 29 September 2021.

    Syahrul menjelaskan, sesuai perintah Presiden Joko Widodo, jagung merupakan salah satu komoditi yang harus digenjot produksinya. Kementerian Pertanian bahkan terus memastikan stok dan ketersediaannya dalam kondisi aman dan cukup dengan aktif turun ke lapangan melakukan pendampingan kepada petani.

    "Alhamdulillah para Gubernur dan Bupati sesuai data yang sudah dilaporkan kepada kami semua mencapai target yang sudah diberikan. Ada fluktuasi harga, ini bagian dari dinamika. Tentu petani senang karena petani jagung mendapatkan harga yang lebih baik, di atas HAP (Harga Acuan Pembelian)," tutur Syahrul yang juga menekankan bahwa pemerintah tetap menjaga agar harga jagung di pasar tidak naik terlalu tinggi karena dapat mengganggu subsektor lain.

    Guna membantu para peternak yang terdampak fluktuasi harga jagung, Kementan memberikan subsidi jagung khususnya untuk peternak mandiri. "Ini tentu quick agenda yang kami telah lakukan, sedangkan temporary agenda-nya yakni di mana ada peternakan maka di sana harus ada backup jagungnya. Dengan demikian distribusinya tidak terhambat lagi," ucap Syahrul. MI/Akhmad Safuan


    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id