foto
 

    Jokowi: Perbaikan Tanggul Citarum Harus Selesai Dua Hari

    24 Februari 2021 22:40 WIB
    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan perbaikan tanggul penahan air Sungai Citarum di Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dapat selesai dalam dua hari mendatang.

    Tanggul tersebut sebelumnya jebol pada Sabtu, 20 Februari 2021 dan menyebabkan banyak rumah warga rusak dan hilang atau hanyut.

    "Ada tiga titik yang tanggulnya jebol seperti ini, tetapi dua hari yang lalu sudah mulai dikerjakan. Insya Allah tadi saya memberikan target maksimal dua hari lagi sudah harus selesai tanggulnya sehingga semuanya berfungsi normal kembali," kata Jokowi saat meninjau lokasi jebolnya tanggul penahan air Sungai Citarum, Pebayuran, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 24 Februari 2021.

    Dalam peninjauan tersebut, Presiden yang tiba sekitar pukul 15.10 WIB di lokasi langsung meninjau proses pengurukan di desa terdampak banjir. Tampak sejumlah alat berat seperti ekskavator digunakan dalam proses pengurukan tersebut.
      
    Presiden juga memerintahkan jajarannya untuk menangani kerusakan rumah warga akibat jebolnya tanggul tersebut. "Kemudian masyarakat yang terkena dampak tadi udah kita di sini ada tadi 30 juga rumahnya akan segera diselesaikan dalam waktu yang secepat-cepatnya," ujarnya.

    Dalam peninjauan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

    Sebelumnya, pada Sabtu, 20 Februari 2021, tiga lokasi di tanggul penahan Sungai Citarum jebol dan mengakibatkan banyak rumah warga hilang dan rusak, di Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Pebayuran, Bekasi. Jebolnya tanggul Sungai Citarum juga memperparah bencana banjir di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, hingga Rabu ini menyebutkan, terdapat 84 titik banjir di 30 desa di 10 kecamatan yang masih terendam banjir dengan ketinggian air 20-100 centimeter. Foto: BPMI Setpres/Rusman

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id