foto
 

    Material Longsor Tutup Jalan Desa hingga Rusak Rumah di Tasikmalaya

    02 Juni 2021 11:59 WIB
    Tasikmalaya: Hujan deras disertai material longsor menutup akses jalan di Kampung Babakan Nangka, Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong dan Kampung Sayuran, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa, 1 Juni 2021, sekitar pukul 22.40 WIB. Dalam kejadian tersebut, tak menimbulkan korban jiwa tapi lima unit rumah mengalami kerusakan.

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Irwan mengatakan, hujan deras yang terjadi di wilayahnya selama ini menyebabkan beberapa akses jalan desa tertimbun material longsor dan beberapa unit rumah rusak. Namun, petugas gabungan terus berupaya mengevakuasi material longsor yang terjadi di empat lokasi agar masyarakat bisa melintasi.

    "Material longsor yang menimbun jalan Desa sepanjang 3 meter dan kedalaman satu meter sudah bisa dilintasi oleh kendaraan termasuk warga. Karena, petugas gabungan dari Polri, TNI, BPBD, Tagana dibantu warga sejak terjadi pada malam hari langsung membersihkannya. Akan tetapi, ada sebuah rumah mengalami kerusakan pada bagian samping," katanya, Rabu, 2 Juni 2021.

    Ia mengatakan, hujan deras sekarang masih terjadi dan arus diwaspadai bersama karena intensitasnya tinggi dapat membawa material longsor yang sangat besar. Karena, secara geografis di Kabupaten Tasikmalaya selama ini ada beberapa wilayah rawan terjadi longsor dari perbukitan dapat menimbun akses jalan kampung, desa dan kecamatan.

    "Tim gabungan sekarang ini sudah siap siaga menghadapi berbagai bencana mulai longsor, banjir bandang, banjir luapan Sungai Citanduy, Cikidang, pergerakan tanah, angin kencang dan bencana lain di musim penghujan. Akan tetapi, beberapa upaya juga sudah dilakukan dengan menyosialisasikan kepada masyarakat agar tetap waspada di masa pandemi Covid-19 harus selalu menerapkan prokes," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut Tubagus Agus Sopyan mengatakan, hujan deras yang terjadi telah menyebabkan pohon beringin di pinggir sungai Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, tumbang dan menyebabkan dua rumah mengalami kerusakan hingga puluhan warga terpaksa mengungsi sementara.

    "Kami meminta agar masyarakat harus tetap waspada, karena musim hujan masih terjadi di beberapa daerah dapat menimbulkan dampak luar biasa seperti longsor, banjir, pergerakan tanah, pohon tumbang. Karena, sejak kemarin di wilayahnya ada dua musibah seperti halnya dua pelajar SMK tenggelam dan pohon roboh tapi semua tetap harus waspada terutamanya tebing longsor," paparnya. MI/Adi Kristiadi

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id