foto
 

    Muatan KMP Dharma Rucitra III Mulai Dievakuasi

    24 Juni 2020 15:25 WIB
    Karangasem: Sejumlah kendaraan seperti mobil boks, truk, dan sepeda motor mulai dievakuasi dari Kapal Dharma Rucitra III yang karam di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Rabu, 24 Juni 2020.

    "Untuk yang dievakuasi, ada enam kemarin kendaraan sedang dan dua sepeda motor, kemudian hari ini ada dua kendaraan besar, dengan alat-alat yang dipergunakan, di antaranya alat untuk mengangkut, rubber boat, dan ada penyelam untuk proses pengapungan kendaraan sebelum diangkat ke darat," kata Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin.

    Ia mengatakan proses evakuasi membutuhkan waktu selama 21 hari, yang diawali pada 22 Juni 2020 dengan kegiatan pengaturan alat-alat dan penyelaman. Kemudian, hari kedua pada Selasa, 23 Juni 2020, evakuasi muatan dan beberapa kendaraan sedang, dan sepeda motor. Dilanjutkan, pada hari ketiga, (24/6) juga evakuasi kendaraan.

    Ia menjelaskan bahwa faktor cuaca juga mempengaruhi proses evakuasi muatan yang ada di dalam kapal. Eka berharap kondisi cuaca akan terus baik sehingga proses evakuasi dapat segera dilakukan. "Jadi kalau muatan sudah berhasil dievakuasi, dermaga dua bisa beroperasi kembali untuk menopang kegiatan yang ada di Pelabuhan Padangbai," katanya.

    Sementara itu, Koordinator Tim Evakuasi Kapal, Abdul Halik mengatakan rencana evakuasi seluruh kendaraan yang berada dalam kapal tersebut ditargetkan rampung pada Sabtu, 27 Juni 2020. Setelah pengeluaran mobil, selanjutnya akan dilakukan proses pengapungan terhadap KMP Dharma Rucitra III yang ditargetkan pada 11 Juli 2020.

    Sebelumnya, pada Jumat, 12 Juni 2020 pukul 17.30 wita, KMP Dharma Rucitra III diduga mengalami kebocoran pada bagian lambung hingga mengakibatkan kapal dalam posisi miring.

    Sementara jumlah penumpang yang dievakuasi sebanyak 60 orang dan nihil korban jiwa. Beberapa kendaraan yang terjebak dalam kapal di antaranya delapan unit truk tronton, 10 unit truk besar, tiga unit truk sedang, tiga unit kendaraan kecil, dan delapan unit sepeda motor. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id