foto
 

    Pulih dari Covid-19, Sandiaga Uno Donor Plasma Konvalesen

    27 Januari 2021 14:49 WIB
    Jakarta: Menparekraf Sandiaga Uno menjalani donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) pada Rabu, 27 Januari 2021. Donor plasma itu dijalani setelah dia dinyatakan pulih sepenuhnya dari Covid-19, beberapa pekan lalu.

    Sebelum menjalani donor plasma, Sandi menyempatkan diri untuk lari pagi dari kediamannya menuju kantor PMI yang berlokasi di Kramat Raya, Jakarta Pusat. Plasma konvalesen merupakan salah satu terapi pendamping pasien Covid-19 untuk membantu proses kesembuhan. Plasma tersebut diambil dari plasma sel darah penyintas Covid-19 dan membentuk antibodi di dalam tubuhnya.

    Sandiaga menjelaskan donor plasma konvalesen memerlukan waktu lebih lama dari donor darah biasa karena terdapat proses sentrifugasi. Plasma darah diambil sebanyak tiga kali tiap sepuluh menit.

    Ia melanjutkan, para pendonor konvalesen harus memenuhi kadar titer antibodi yang cukup tinggi berdasarkan hasil uji netralisasi. Selain itu, pendonor juga harus memenuhi berbagai syarat lain, di antaranya pernah terkonfirmasi positif Covid-19, mendapatkan surat keterangan sehat dari rumah sakit, bebas dari infeksi virus Corona atau telah sembuh sekurang-kurangnya 14 hari.

    Sementara, menurut data dari PMI per-14 Januari 2021, dari 703.464 orang yang sudah sembuh dari Covid-19, baru satu persen yang menjadi pendonor plasma konvalesen. Padahal, peran para pendonor plasma konvalesen akan membantu mempercepat penyembuhan pasien Covid-19. MI/Insi Nantika Jelita

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id