foto
 

    Trauma Healing untuk Anak Korban Gempa Malang

    16 April 2021 15:50 WIB
    Malang: Puluhan anak korban gempa di Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, Malang, Jawa Timur mengikuti materi trauma healing, Kamis, 15 April 2021.

    Anak-anak diajak bermain dan bernyanyi di lapangan bola voli desa setempat. Edukasi untuk anak-anak tersebut untuk memulihkan trauma psikologis pascagempa.

    Di lapangan voli yang menjadi pusat bermain dan edukasi trauma healing, sang kades, perangkat desa dan relawan dompet dhuafa Surabaya bermain bersama anak-anak korban gempa. Mereka tak ada batas, seperti teman sebaya, bersama melupakan gempa bumi yang baru saja menghancurkan rumah penduduk. 

    Anak-anak diajak berbaris, melingkar, lalu berhitung dipandu beberapa relawan. Setelahnya, bernyanyi bersama. "Kalau ada gempa bumi lindungi kepala. Kalau ada gempa bumi, masuk kolong meja. Kalau ada gempa bumi
    lari ke lapangan."

    Keceriaan anak korban gempa itu menandai mulai berangsur pulihnya psikologis mereka. Setelah bermain, perangkat desa membagikan es krim dan kue, lalu relawan buka puasa bersama.

    Keceriaan anak serupa terlihat di tenda layanan dukungan psikososial kemensos di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Kaka, Fikri dan anak-anak korban bencana lainnya asyik bermain bola. Di tenda itu mereka berkomunikasi dengan teman sebaya ditemani pendamping.

    Program trauma healing sudah menyentuh anak korban bencana di semua desa. Bupati Malang Sanusi cepat bertindak, memerintahkan camat agar mendistribusikan bantuan tanpa menunggu menumpuk di posko. Lalu, warga korban bencana harus diperhatikan kesehatannya, bantuan makanan secara layak dan nutrisi bagi balita harus sudah diterima warga. 

    Kini, trauma anak-anak korban gempa berangsung pulih, begitu juga penanganan bencana kian cepat melibatkan semua pihak. MI/Bagus Suryo

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id