foto
 

    Momen Jokowi Resmikan Bendungan Sindangheula di Serang

    04 Maret 2021 21:36 WIB
    Serang: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sindangheula di Serang, Banten, Kamis, 4 Maret 2021. Bendungan ini merupakan proyek strategis nasional dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik dan bisa menyumbang air baku untuk Serang dan Cilegon.

    Peresmian bendungan dengan kemampuan suplai air baku 800 liter per detik ini ditandai dengan penandatanganan prasasti bendungan. Hadir dalam peresmian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Gubernur Banten Wahidin Halim dan beberapa kepala daerah di kabupaten kota se-banten

    Presiden mengatakan, bendungan ini juga bisa meningkatkan produksi pertanian di Banten. Kapasitas air 9,3 juta meter kubik bisa mengaliri irigasi ke 1.280 hektare sawah yang ada di Serang dan sekitarnya.

    Selain itu, kawasan industri di Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon bisa memanfaatkan air baku dari bendungan ini hingga 080 meter kubik per detik. Saat ini separuhnya yaitu 0,40 meter kubik sudah dimanfaatkan oleh Provinsi Banten.

    Bendungan Sindangheula juga  bisa menghasilkan listrik 0,40 megawatt. Jadi, presiden mengatakan bahwa potensi listrik ini bisa dimanfaatkan menjadi energi listrik hidro power.

    Terakhir, presiden juga meminta bendungan bisa dimanfaatkan untuk konservasi dan potensi destinasi wisata bagi Provinsi Banten. Ia berharap pemerintah daerah bisa menjaga bendungan agar bisa memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. BPMI Setpres/Lukas

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id