foto
 

    Kepala BNPB Kunjungi Pengungsi Erupsi Merapi di Balerante

    19 November 2020 19:31 WIB
    Klaten: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo,  meninjau tempat penampungan pengungsi dan pos induk pemantauan Gunung  Merapi di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis, 19 November 2020.

    Kunjungan Kepala BNPB disambut Pjs Bupati Klaten 
    Sujarwanto Dwiatmoko, Danrem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Rano Tilaar, Dandim 0723 Klaten Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, dan Kapolres Klaten AKB Edy Suranta Sitepu.

    Kepala BNPB di barak Balai Desa Balerante menyerahkan bantuan penanganan bencana erupsi Gunung Merapi Rp1 miliar, masker kain nonmedis 75.000 pice, dan lampu air garam 150 unit kepada Pemkab Klaten yang diterima Pjs Bupati Sujarwanto.

    Selain itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memberikan dukungan kepada Pemkab Klaten berupa swab antigen 2.500 test, masker kain 200.000 pice, dan hand sanitizer 250 jeriken @4 liter.

    Doni Monardo juga mengunjungi kandang komunal tempat penampungan ternak sapi peliharaan warga pengungsi. Saat ini jumlah ternak sapi yang ditampung di kandang komunal sebanyak 128 ekor.

    Kepala BNPB kepada awak media mengatakan, bahwa untuk informasi setiap perkembangan seputar Gunung Merapi mempercayakan kepada Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

    Doni meminta warga mempercayakan semua informasi perkembangan Gunung Merapi pada BPPTKG. Apabila informasi itu disampaikan dari luar BPPTKG, dikhawatirkan akan menimbulkan ketidaktenangan masyarakat.

    "Dengan sumber informasi yang valid dari BPPTKG terkait Gunung Merapi, jika terjadi sesuatu penanganannya lebih cepat. Untuk itu, kepala daerah diminta berkoordinasi dengan TNI-Polri, relawan, dan lainnya untuk menyiapkan fasilitas kebencanaan," katanya.

    Tempat pengungsian dan fasilitasnya, kata Doni, harus aman, nyaman, dan logistik tercukupi. Tenaga kesehatan pun harus tersedia. Dan, penerapan protokol kesehatan dikedepankan. Karena, BNPB tidak ingin tempat pengungsian jadi klaster.

    "Jadi, kedatangan saya ke Balerante untuk mengecek kesiapan kepala daerah dalam menghadapi ancaman erupsi Gunung Merapi," ujar Doni Monardo kepada awak media di barak pengungsi Balai Desa Balerante.

    Sementara itu, Plt Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Safrudin, menjelaskan bahwa  pihaknya terus memantau perkembangan Gunung Merapi yang saat ini pada status siaga (level III).

    "Meskipun setiap daerah mempunyai kontijensi bencana, bencana Gunung Merapi menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi. Kami pun mempunyai rencana kontinjensi bencana erupsi Gunung Merapi," imbuh Safrudin. MI/Djoko Sardjono

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id