foto
 

    Suasana Terkini Bandara Soekarno-Hatta

    15 Mei 2020 09:34 WIB
    Jakarta: Antrean calon penumpang untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan serta dokumen kelengkapan di Terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta, Tagerang, Banten, Jumat, 15 Mei 2020. 

    Tercatat sebanyak 1.486 penumpang dengan 23 penerbangan pagi ke berbagai tujuan dengan keperluan kedinasan kerja, tenaga kerja Indonesia (TKI) dengan menyertakan surat pengantar serta keterangan dokter bebas virus korona (covid-19). 

    Kementerian Perhubungan mewajibkan semua calon penumpang yang akan menggunakan pesawat memiliki surat kesehatan, surat negatif covid-19 dari Rumah Sakit sebagai protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Gugus Tugas COVID-19. 

    Sebelumnya, Pemerintah telah membuka kembali moda transportasi mulai 7 Mei 2020 lalu, namun dengan batasan tertentu karena larangan mudik dan protokol PSBB.

    Gugus Tugas Percepatan Penanganan COvid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (covid-19).

    Dalam SE tersebut, disebutkan kriteria pengecualian bagi mereka yang boleh keluar atau masuk wilayah batas negara dan/atau batas wilayah administratif dengan kendaraan pribadi atau sarana transportasi umum (darat, kereta api, penyeberangan, laut, dan udara) di seluruh Indonesia.

    Pihak yang mendapat pengecualian di antaranya orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan pelayanan percepatan penanganan covid-19; pertahanan, keamanan dan ketertiban umum; pelayanan kesehatan; kebutuhan dasar; pendukung layanan dasar dan fungsi ekonomi penting.

    Kemudian, perjalanan pasien yang membutuhkan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya (orang tua, suami/istri, anak, saudara kandung) sakit atau meninggal dunia.

    Selanjutnya, repatriasi pekerja migran Indonesia (PMI), WNI dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku. MI/Susanto

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id