foto
 

    Warga Desa Siron Gantungkan Harapan di Pembangunan Jembatan

    17 Februari 2021 16:39 WIB
    Aceh Besar: Warga Desa Siron Blang, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, sejak tiga tahun terakhir mengandalkan rakit buatan milik kecamatan setempat untuk menyeberang Krueng (Sungai) Murtala, yang merupakan penghubung antara Gampong Siron Blang dengan Siron Krueng.

    Desa Siron merupakan desa pedalaman yang berada di Kabupaten Aceh Besar, untuk menuju ke Desa Siron tersebut  dari Kota Banda Aceh hanya berjarak sekitar 60 kilometer dan memakan waktu sekitar hampir satu jam. 

    Jembatan penghubung yang pernah dibangun oleh pemerintah Aceh di desa tersebut putus akibat diterjang banjir pada 2016. Kemudian pada 2020 banjir kembali menerjang desa tersebut sehingga mengakibatkan abrasi yang menyebabkan sungai tersebut semakin melebar.

    Pantauan Medcom.id di lokasi, sungai tersebut merupakan kawasan habitat buaya, disana terdapat papan himbauan yang bertuliskan 'Perhatian !!! hati-hati dalam beraktifitas di dalam dan sekitar sungai ini. Kawasan ini merupakan habitat buaya' dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh'. Masyarakat setempat mengatakan beberapa bulan terakhir ada dua ekor buaya yang sudah ditangkap. 

    Sementara itu, jika banjir melanda desa tersebut warga tidak bisa melewati sungai dan anak-anak yang bersekolah terpaksa libur.

    Riska, 12, murid Sekolah Dasar (SD) Siron, mengatakan dirinya terpaksa setiap hari harus melewati sungai agar bisa bersekolah. Tak jarang pula ia terlambat tiba di sekolah. 

    "Saya pernah jatuh ke dalam sungai saat menyeberang saat hendak berangkat ke sekolah. Kaki saya terluka. Sakit banget rasanya," keluh Riska.

    Sementara Mustafa, 55, warga Desa Siron yang bekerja sebagai petani berharap agar pemerintah segera membangun kembali jembatan di desa tersebut. 

    "Jembatan sangat penting bagi kami. Hal itu agar aktifitas warga kembali seperti semula, dan tidak bertaruh nyawa dengan menyeberang sungai di kawasan habitat buaya. Medcom.id/Fajri Fatmawati

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id