comscore
foto

PM Sudan Resmi Mengundurkan Diri

03 Januari 2022 17:59 WIB
Khartoum: PM Sudan, Abdalla Hamdok resmi pengunduran dirinya pada Minggu, 2 Januari 2022, waktu setempat, atau lebih dari dua bulan usai kudeta militer. Pengunduran diri Hamdok diumumkan setelah militer Sudan menindak secara kasar para demonstran yang memprotes kudeta beberapa hari terakhir.

Dilansir AFP, Senin, 3 Januari 2022, Sudan menempuh perjalanan rapuh menuju pemerintahan sipil sejak penggulingan diktator Omar al-Bashir tahun 2019, namun jatuh ke dalam kekacauan setelah pemimpin militer Jenderal Abdel Fattah al-Burhan melancarkan kudeta pada 25 Oktober lalu dan menahan Hamdok.

Hamdok kembali menjabat PM Sudan pada 21 November di bawah kesepakatan yang menjanjikan digelarnya pemilu pada Juli 2023 mendatang. Namun laporan sejumlah media lokal menyebut Hamdok tidak masuk kantor selama beberapa hari terakhir, yang memicu rumor pengunduran diri.

Dalam pengumuman pengunduran dirinya, Hamdok menyinggung soal 'fragmentasi kekuatan politik dan konflik antara komponen transisi (militer dan sipil-red)' dan menyebut bahwa 'meskipun semuanya telah dilakukan untuk mencapai konsensus... itu tidak terjadi'. AFP Photo/Ebrahim Hamid

(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id