comscore
foto

Foto: Azis Syamsuddin Dituntut 4 Tahun 2 Bulan Bui

24 Januari 2022 12:59 WIB
Jakarta: Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dituntut 4 tahun dan 2 bulan penjara. Azis diyakini jaksa bersalah memberi suap ke mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin dan Maskur Husain sejumlah Rp3,099 miliar dan USD36 ribu.

Jaksa KPK juga meminta agar majelis hakim menjatuhkan pidana denda kepada Azis sebesar Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan.

"Menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa berupa pencabutan hak dipilih dalam pemilihan jabatan publik atau politis terhitung 5 tahun terhitung sejak terdakwa selesai menjalani pidana pokoknya," ujar jaksa Lie Putra Setiawan saat membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 24 Januari 2022.

Jaksa KPK meyakini suap yang diberikan Azis kepada Robin dan Maskur ditujukan agar Azis dan politikus Golkar, Aliza Gunado, tidak menjadi tersangka dalam penyelidikan korupsi. Keduanya tengah diselidiki dalam pengurusan dana alokasi khusus (DAK) APBN-P Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2017.

Tuntutan Azis diperberat dengan alasan politikus Golkar itu tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Perbuatan Azis citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Sementara itu, yang meringankan tuntutan Azis ialah belum pernah dihukum. Majelis hakim yang diketuai Muhammad Damis mengagendakan sidang berikutnya pada Senin, 31 Januari 2022. Azis dan tim penasihat hukumnya akan mengajukan nota pembelaan atau pleidoi. MI/Susanto

(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id