foto
 

    TPIP Tasikmalaya Gelar Sidak Pasar, Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Stabil

    06 Mei 2021 16:49 WIB
    Tasikmalaya: Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tasikmalaya melakukan inspeksi mendadak (Sidak), jelang lebaran 1442 Hijriah dilakukan di Pasar Tradisional Cikurubuk, Gudang bulog dan Pertamina, Kamis, 6 Mei 2021. Kebutuhan bahan pokok yang dijual pedagang sekarang sudah kembali stabil dan tidak adanya kenaikan yang signifikan.

    Inspeksi mendadak dilakukan tim gabungan mulai dari, Pelaksana Tugas Wali Tasikmalaya, Kapolres Tasikmalaya Kota, Wakasdim 0612 Tasikmalaya, Bank Indonesia, Disperindag, Perekonomian, Pertanian. Kegiatan tersebut, dilakukannya dengan sasaran telur, bawang merah, daging ayam, daging sapi, cabai merah, beras, bawang putih, beras dan gas elpiji 3 kg.

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf mengatakan, jelang lebaran semua kebutuhan pokok di pasar Cikurubuk harganya stabil dan tidak ada kenaikan yang cukup signifikan tapi untuk harga cabai merah domba semula dijual seharga Rp 17 ribu per kg menjadi Rp 120 per kg tapi untuk sekarang ini dijual Rp 50 ribu per kg. Namun, kebutuhan lainnya masih normal dan tidak ada kenaikan.

    "Untuk sekarang ini ada sebagian kebutuhan bahan pokok jelang lebaran telah merangkak naik seperti halnya bawang merah dari semula Rp 30 ribu naik Rp 43 ribu dan sekarang dijual Rp 33 ribu per kg, telur ayam Rp 19 ribu dijual Rp 22 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 30 ribu menjadi Rp 20 ribu, daging sapi Rp 150 ribu menjadi Rp 115 ribu, daging ayam Rp 43 ribu turun Rp 35 ribu dan kebutuhan lainnya masih stabil," katanya, Kamis, 6 Mei 2021.

    Ia mengatakan, kebutuhan bahan pokok jelang lebaran 1442 Hijriah memang ada sebagian merangkak naik seperti telur yang selama ini dipasok dari Blitar sebanyak 70 persen dan 30 persen di tingkat lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan pasar karena kondisinya sangat kecil. Namun, kenaikan telur tersebut selama ini harganya turun naik tapi pemerintah daerah tetap akan berupaya menggelar operasi pasar murah.

    Sementara itu, Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Doni Hermawan Febry mengatakan, jelang lebaran tidak adanya pedagang yang melakukan aksi penimbunan barang dan kalau sekarang masih dalam penyelidikan terutama untuk mencegah terjadinya kenaikan. Namun, kondisi kebutuhan pokok masih dalam kondisi normal tetapi ada sebagian telah mengalami kenaikan seperti telur, daging, cabai merah dan bawang merah. MI/Kristiadi


    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id