foto
 

    Foto: Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan

    25 Agustus 2021 17:43 WIB
    Jakarta: Presiden Joko Widodo melantik Sahbirin Noor dan dan Muhidin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan untuk masa jabatan 2021-2024. Keduanya dilantik setelah menang dalam Pilkada Serentak 2020.

    Pelantikan dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 25 Agustus 2021, dan disiarkan langsung di YouTube Sekretariat Presiden.

    Pelantikan pasangan gubernur dan wagub terpilih ini dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 105/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 2021.

    Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Sahbirin dan Muhidin.

    "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti pada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Jokowi diikuti Sahbirin-Muhidin.

    Penetapan keduanya ini dilakukan setelah sengketa hasil Pilkada Tangsel selesai dengan adanya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan yang diajukan oleh Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 2 Denny Indrayana dan Difriadi. 

    Hal itu diputuskan dalam sidang putusan yang dipimpin oleh Ketua MK Anwar Usman dan disiarkan secara daring pada 30 Juli 2021. Foto: BPMI Setpres

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id