foto
 

    Jokowi Kenalkan Jajaran Dewan Direksi INA

    16 Februari 2021 22:37 WIB
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memperkenalkan figur-figur yang tergabung sebagai anggota Dewan Pengawas dan Dewan Direktur Lembaga Pengelola Investasi (LPI) yang bernama Indonesia Investment Authority (INA).

    Perkenalan para putra dan putri terbaik bangsa yang telah memiliki pengalaman internasional tersebut berlangsung di veranda Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 16 Februari 2021. 

    Lembaga Pengelola Investasi merupakan lembaga pengelola dana abadi investasi dalam negeri yang dibentuk oleh undang-undang untuk meningkatkan dan mengoptimalkan nilai aset negara secara jangka panjang untuk mendukung pembangunan berkelanjutan serta bertanggung jawab kepada Presiden. Pembentukan lembaga tersebut merupakan tindak lanjut dari amanat Undang-Undang Cipta Kerja yang telah disahkan beberapa waktu lalu.

    Ketua Dewan Direksi dijabat oleh Ridha Wirakusumah. Jabatan terakhir Ridha adalah sebagai CEO Bank Permata dan telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun.

    Wakil Ketua Dewan Direksi dijabat oleh Arief Budiman yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama Danareksa. Arief memiliki pengalaman profesional selama 25 tahun dan termasuk dalam tim perumus Sovereign Wealth Fund Indonesia.

    Stefanus Ade Widjaja menjabat sebagai Direktur Investasi INA. Pengalaman internasionalnya diyakini Jokowi dapat meningkatkan kepercayaan investor luar negeri dalam investasi.

    Pada jabatan Direktur Risiko terdapat nama Marita Alisjahbana yang saat ini menjabat Country and Corporate Risk Manager Citibank Indonesia. Jokowi menyebut Marita memiliki pengalaman selama 30 tahun termasuk di skala internasional.

    Pada jajaran direksi terakhir terdapat nama Eddy Porwanto sebagai Direktur Keuangan. Eddy disebutkan memiliki pengalaman sebagai Direktur Keuangan di berbagai sektor seperti pertambangan, jasa transportasi dan penerbangan, otomotif, hingga consumer goods.

    Sebelumnya juga Jokowi telah melantik lima orang Dewan Pengawas INA. Dua di antaranya merupakan ex officio Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri BUMN Erick Thohir.

    Serta tiga orang yang dipilih melalui uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Tiga orang Dewan Pengawas lainnya adalah Hariyanto Sahari, Yozua Mekes, dan Darwin C Noerhadi. BPMI Setpres

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id