foto
 

    Jokowi Serahkan SK Hutan Adat, Hutan Sosial dan TORA se-Indonesia

    07 Januari 2021 19:56 WIB
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menyerahkan surat keputusan (SK) untuk Hutan Sosial, Hutan Adat, dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) se-Indonesia. 

    Penyerahan dilakukan kepada 30 perwakilan penerima yang hadir terbatas di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 7 Januari 2020, dan kepada penerima lainnya yang mengikuti acara secara virtual di 30 provinsi.

    Penyerahan SK yang merupakan bagian dari kebijakan redistribusi aset dan reforma agraria tersebut bertujuan untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan menjadi salah satu jawaban bagi banyaknya sengketa agraria.

    Presiden Jokowi mewanti-wanti kepada penerima surat keputusan pengelolaan hutan agar mengelola dan membawa efek ekonomi. Ia tidak ingin acara sekadar selebrasi pembagian surat keputusan pengelolaan hutan dan lahan.

    “Ini akan saya ikuti, cek terus, untuk memastikan bahwa lahan ini memang betul-betul dipakai untuk kegiatan-kegiatan produktif. Tidak kemudian ditelantarkan, tetapi terus dikembangkan sehingga memiliki manfaat yang besar bagi ekonomi masyarakat. Tujuannya ke situ,” tuturnya.

    Dalam pembagian SK hutan dan lahan, Presiden Jokowi menyerahkan 2.929 SK perhutanan sosial di di seluruh Indonesia. Ribuan sertifikat yang total luas mencapai 3.442.000 ha itu diperkirakan akan membawa manfaat bagi sekitar 651.000 KK.

    Selain penyerahan SK perhutanan sosial, pemerintah juga menyerahkan 35 SK hutan adat seluas 37.500 hektar dan 58 SK tanah objek reforma agraria (TORA) seluas 72 ribu ha di 17 provinsi. BPMI Setpres/Kris


    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id