foto
 

    20 Terduga Teroris JAD Ditangkap di Makassar, 2 Tewas Ditembak

    06 Januari 2021 18:36 WIB
    Makassar: Tim Densus 88/Antiteror Polri mengamankan 20 orang terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), Rabu, 6 Januari 2020. Dua di antaranya meninggal dunia.

    Puluhan orang ini diamankan dari dua rumah yakni No 1 dan No 24 di kompleks Villa Mutiara Biru 11, Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanayya, Makassar.

    Menurut Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam pelaku yang tewas berinisial MR dan SA. Mereka ditembak karena melakukan perlawanan saat hendak ditangkap.

    Merdisyam menambahkan, kedua tersangka bersama dengan ratusan jamaah lainnya menyatakan baiat kepada kilafah atau ISIS pada tahun 2015 di Ponpes Arridho Pimpinan Basri yang meninggal di Nusa Kambangan dalam kasus teror. Mereka juga melakukan kajian khusus pendukung daulah di Villa Mutiara dan yayasan Arridho. 

    Kemudian, kata Merdisyam, pada tahun 2016 silam, bersama keluarga hijrah atau bermaksud bergabung dengan organisasi ISIS di Suriah, tapi dapat dibatalkan di bandara Soekarno-Hatta. Mereka juga terlibat dalam pengiriman dana kepada pelaku bom bunuh diri di Katedral Zolo Filipina, dimana pelaku pok jamaah Villa mutiara. 

    Mulai bulan Oktober 2020 kelompok ini secara rutin melakukan latihan menembak dan naik gunung atau iddad. Saat ditangkap mereka melawan dengan parang dan senapan angin sehingga dua orang ditembak mati. MI/Lina Herlina

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id