foto
 

    Menolak Naik Ambulans, Pasien Covid-19 di Garut Diantar Pakai Sepeda Motor

    10 Juni 2021 21:00 WIB
    Garut: Seorang pasien Covid-19 di Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, diantar petugas menggunakan sepeda motor untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya pada Rabu, 9 Juni 2021. Alasannya, pasien menolak diantar menggunakan ambulans lantaran takut timbul kegaduhan di lingkungan sekitarnya.

    Kepala Desa Cisewu, Udan Rukmana mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Rabu, setelah pasien berobat ke Puskesmas Cisewu. Ketika di puskesmas, pasien menjalani tes swab antigen. Hasilnya, pasien itu dinyatakan positif. 

    Alhasil, pasien diantar kembali ke rumahnya dengan menggunakan sepeda motor. Saat ini, pasien menjalani isolasi mandiri di rumahnya. 

    Udan menyayangkan pihak puskesmas yang memperbolehkan pasien pulang setelah dinyatakan positif. Padahal, menurut dia, lebih baik jika pasien dibujuk untuk isolasi di puskesmas atau rumah sakit. Sebab, rumah warga pasti memiliki banyak kekurangan untuk dijadikan tempat isolasi mandiri.

    Sementara itu, Camat Cisewu, Heri mengatakan, pihaknya sudah mengonfirmasi langsung terkait kejadian itu ke Puskesmas Cisewu. Menurut dia, petugas puskesmas memutuskan memperbolehkan pasien menjalani isolasi mandiri karena statusnya tanpa gejala.

    Berdasakan hasil kesepakatan di Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisewu, mengantarkan pasien Covid-19 seharusnya dilakukan menggunakan ambulans. Namun, petugas puskesmas ketika itu justru menggunakan sepeda motor.

    Menurut Hery, berdasarkan keterangan Kepala Puskesmas Cisewu, pasien telah diminta menggunakan ambulans untuk kembali ke rumah. Pihak puskesmas juga sudah menyediakan ambulans. Namun, pasien menolak dengan alasan malu. 

    Hery mengakui, masih banyak warga di Kecamatan Cisewu yang menganggap Covid-19 sebagai aib. Alhasil, banyak warga yang terpapar cenderung merahasiakannya. MI/Adi Kristiadi

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id