foto
 

    Gibran Kembalikan Uang Pungli Zakat ke Pedagang, Total Rp11,5 Juta

    02 Mei 2021 12:47 WIB
    Jakarta: Lurah Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo berinisial S dicopot karena diduga terlibat pungutan liar (pungli) bermodus zakat dan sedekah bersama petugas linmas. 

    Hari ini, Minggu, 2 Mei 2021, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama Camat Pasar Kliwon berkeliling kawasan pertokoan di Coyudan untuk mengembalikan uang pungli tersebut. Total jumlah uang pungli yang diambil dari 145 pedagang di kawasan Coyudan mencapai Rp 11,5 juta.

    "Lain kali jangan mau diminta zakat nggih bu (pedagang). Karena yang berhak untuk melakukan itu hanya Baznas. Jika sampai ada lagi yang minta, foto orangnya, dan laporkan ke saya," tegas Gibran ketika menyerahkan uang zakat yang dipungli oknum Lurah Gajahan itu.

    Bahkan di depan pedagang yang baru saja menerima kembali uang yang dipungli, Gibran mengatakan,bahwa lurah langsung dicopot,karena aksi nakalnya itu, dan bahkan masih ditindaklanjuti proses hukum.

    Modus pungli yang dilakukan oleh oknum lurah itu adalah membekali anggota Linmas dengan surat yang dia tandatangani, dan kemudian mendatangi para pedagang, untuk alasan membayar zakat.

    Jumlah per orang yang dipungli memang tidak besar, ada yang Rp 50 ribu hingva Rp 100 ribu, dengan total jumlah Rp 11,5 juta.

    Wali Kota Gibran menegaskan, meskipun sudah dicopot jabatannya, proses hukum Lurah Gajahan tetap terus jalan. Inspektorat Pemkot sudah diinstruksikan untuk memeriksa dan menjatuhkan sanksi. MI/Widjajadi

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id