foto
 

    Gibran Peroleh Gelar Bangsawan dari Keraton Solo

    20 September 2021 16:33 WIB
    Jakarta: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapatkan gelar kebangsawanan Keraton Kasunanan Surakarta, dengan sesebutan Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widura Nagoro.

    "Ini suatu kehormatan bagi saya," ungkap Gibran usai memperoleh sematan gelar kebangsawanan dari Raja Pakoe Boewono XIII di Bangsal Paradyo, Senin, 20 September 2021.

    Putra sulung Presiden Joko Widodo ini sama sekali tidak menduga jika usai meninjau vaksinasi covid-19 yang diikuti 15 ribu warga Solo di Pagelaran Kerston Kasunanan Surakarta, Senin, akan menerima gelar sebagai bangsawan.

    "Ya tanpa persiapan, saya pun masih memakai seragam Satpol PP. Karena sebelum meninjau vaksinasi di Pagelaran Keraton, saya memimpin apel Satpol PP," katanya dengan senyum simpul.

    Gibran saat disematkan gelar, tidak mengenakan pakaian adat Jawa jangkep, yang menjadi tradisi bagi tokoh yang dianggap berjasa atas pelestarian budaya dan adat keraton.

    Pengageng Parentah Keraton Kasunanan KGPH Dipokusumo tidak mempermasalahkan persoalan Gibran yang tidak mengenakan pakaian adat, ketika menerima gelar kebangsawanan dari Sinuhn PB XIII.

    "Ya gelar langsung diserahkan oleh Sinuhun," kata dia tanpa memberikan alasan tentang pemberian gelar yang sangat mendadak itu.

    MI/Widjajadi

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id