foto
 

    Potret Jokowi Tinjau Proses Tanam hingga Penggilingan Padi di Malang

    30 April 2021 11:57 WIB
    Malang: Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan proses tanam, panen, hingga penggilingan padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis, 29 April 2021.

    Kedatangan Jokowi, sapaan akrab Presiden disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Malang M Sanusi untuk melihat dan mengecek panen padi dan proses tanam padi di wilayah Kabupaten Malang.

    "Saya saat ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk melihat yang pertama panen dan kedua tanam, dan ketiga melihat penggilingan rice milling unit," kata Jokowi.

    Dalam kunjungan tersebut, Presiden hadir bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani dan para menteri. Presiden berkesempatan untuk menyapa dan berdialog dengan perwakilan petani Desa Kanigoro dan masyarakat setempat.

    Jokowi menambahkan dalam kunjungan tersebut, ia ingin memastikan bahwa produksi padi bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Jika memang mencukupi, maka pemerintah tidak akan perlu melakukan impor beras.

    Presiden juga mengapresiasi upaya para petani khususnya di Kabupaten Malang yang mampu meningkatkan produktivitas padi. Peningkatan produktivitas tersebut, dengan mengembangkan tanaman padi varietas IPB 3S.

    Dengan menggunakan varietas IPB 3S berdasarkan perhitungan, produktivitas untuk satu hektare sawah mampu menghasilkan 12 ton gabah. Angka tersebut, dinilai Presiden Jokowi merupakan hasil yang produktif.

    "Ini hasil yang bagus sekali, dan saya tidak lanjuti dengan IPB, agar ini bisa dikembangkan dalam jumlah yang lebih besar lagi," ujar Presiden. 

    Kemudian, lanjut Jokowi, para petani juga membutuhkan alat-alat penunjang produksi seperti sarana dan prasarana yang berkaitan dengan teknologi. Mesin-mesin yang dibutuhkan tersebut diantaranya seperti mesin panen, traktor, dan lainnya.

    Pemerintah, ujar Jokowi, akan memenuhi alat-alat penunjang produksi yang dibutuhkan oleh para petani tersebut. Dengan adanya peralatan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan produktivitas para petani dalam mengolah sawah atau lahan mereka.

    "Ada beberapa hal yang juga dibutuhkan oleh petani, seperti sarana prasarana yang berkaitan dengan teknologi. Saya kira ini akan kita penuhi, karena sangat dibutuhkan oleh para petani," kata Jokowi. Foto: BPMI Setpres/Laily RE/Muchlis Jr

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id