foto
 

    Heboh! Puluhan Paus Pilot Terdampar di Pantai Bangkalan

    19 Februari 2021 18:54 WIB
    Bangkalan: Peristiwa langka terjadi di kawasan pantai di Bangkalan Madura, Jawa Timur. Sebanyak 49 paus jenis pilot terdampar di pantai Desa Patereman, Modung, Bangkalan pada Kamis, 18 Februari 2021. Dari jumlah tersebut, 46 mati sedangkan sisanya berhasil diselamatkan.

    Puluhan paus yang terdampar itu mulai terlihat di pesisir pantai pada Kamis pagi sekitar pukul 10.00 WIB. 

    Warga akhirnya bergotong-royong untuk menghalaunya agar bisa kembali ke laut. Upaya penghalauan paus itu dilakukan hingga Kamis petang. Namun, diduga karena arus laut mengarah ke pantai, puluhan paus itu kembali ke pesisir pantai pada Kamis tengah malam.

    Matinya puluhan mamalia laut tersebut sontak membuat warga berbondong-bondong untuk melihatnya. Banyak warga kemudian berfoto di antara bangkai paus tersebut.

    "Ini momen langka. Jadi banyak warga sekitar dan bahkan dari luar kecamatan yang datang untuk melihat," ujar seorang warga.

    Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa turun langsung ke lokasi untuk mengecek kejadian tersebut. Dia menyatakan bahwa sampel paus terdampar dan mati akan diteliti untuk diketahui penyebabnya.

    "Untuk yang mati akan dilakukan penelitain Tim dari Fakutas Kedokteraan  Hewan Universitas Airlangga Surabaya," katanya.

    Pemprov Jatim, ujar Khofifah, akan menyiapkan alat berat untuk menguburkan paus yang mati. Namun, masih menunggu air laut surut lebih dulu agar mudah dikuburkan.

    "Saya sedang minta dikirim dua ekskavator ke sini. Tapi proses penguburannya menunggu air surut," tambahnya. AFP PHOTO/Juni Kriswanto

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id