comscore
foto

Kardinal Sodano, Tangan Kanan Dua Paus, Meninggal Dunia

28 Mei 2022 20:44 WIB
Jakarta: Kardinal Italia Angelo Sodano, tangan kanan mantan Paus Yohanes Paulus II dan Benediktus XVI, meninggal dunia pada usia 94 tahun.

"Paus Fransiskus memberikan penghormatan kepada pria Gereja yang terhormat ini, yang memenuhi imamatnya dengan kemurahan hati ... dalam pelayanan Takhta Suci," kata Vatikan dalam sebuah telegram yang ditujukan kepada keluarga.

Sodano meninggal pada hari Jumat, 28 Mei 2022 di rumahnya di Piedmont, barat laut Italia. Vatikan tidak mengatakan apa penyebab kematiannya.

Pemakamannya akan diadakan pada hari Selasa, 31 Mei 2022 di Basilika Santo Petrus, dengan kehadiran Paus Fransiskus.

Yohanes Paulus II menjadikan Sodano sebagai komandan kedua ketika ia mengangkatnya menjadi menteri luar negeri pada tahun 1991. Sodano menemaninya dalam sekitar 50 perjalanan ke luar negeri.

Setelah pengangkatan Benediktus XVI pada tahun 2005, Sodano tetap menjabat sampai September 2006. 

Paus saat itu juga menyetujui pemilihan Sodano sebagai Dekan College of Cardinals pada 2005, peran yang ia pertahankan hingga pengunduran diri Benediktus pada 2013.

Lahir pada 23 November 1927, Sodano adalah anak kedua dari enam bersaudara dalam sebuah keluarga yang tinggal di pedesaan Piedmont.

Ia belajar teologi dan hukum kanon sebelum berkarir di bidang diplomatik dengan beberapa jabatan di luar negeri, terutama di Amerika Selatan.AFP PHOTO/Andreas Solaro

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id