comscore
foto

Respon Ujicoba Rudal Korut, Korsel-AS Unjuk Kekuatan

07 Juni 2022 15:03 WIB
Jakarta: Korea Selatan dan Amerika Serikat menerbangkan pesawat-pesawat tempur termasuk jet tempur siluman di atas perairan di sekitar semenanjung Korea Selasa, 7 Juni 2022. Langkah tersebut diambil menyusul uji coba rudal baru-baru ini oleh Korea Utara.

"Enam belas pesawat tempur Korea Selatan, termasuk pesawat tempur siluman F-35 dan empat jet F-16 AS, membentuk formasi taktis di atas Laut Barat -- juga dikenal sebagai Laut Kuning -- untuk menanggapi ancaman musuh," kata staf Kepala Gabungan Korsel. 

"Sekutu menunjukkan kemampuan dan kemauan kuat mereka untuk menyerang dengan cepat dan akurat terhadap provokasi apa pun dari Korea Utara," tambahnya.

Manuver udara itu adalah unjuk kekuatan gabungan ketiga oleh sekutu di bawah Presiden baru Korea Selatan Yoon Suk-yeol, yang telah bersumpah akan bersikap lebih keras terhadap Pyongyang.

Respon uji coba senjata Korea Utara

Manuver udara yang melibatkan sekitar 20 pesawat tempur, terjadi sehari setelah sekutu menembakkan delapan rudal balistik ke Laut Jepang setelah uji coba senjata oleh Pyongyang pada Minggu, 5 Juni 2022.

Negara bersenjata nuklir itu telah melakukan serangkaian uji coba senjata penghancur sanksi tahun ini, termasuk menembakkan rudal balistik antarbenua dari jarak penuh untuk pertama kalinya sejak 2017.

Pejabat AS dan Korea Selatan telah memperingatkan selama berminggu-minggu bahwa rezim Kim Jong Un sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir baru.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman, di Seoul dalam kunjungan tiga hari, memperingatkan akan ada tanggapan cepat dan kuat jika Pyongyang melanjutkan apa yang akan menjadi uji coba ketujuhnya.

"Setiap uji coba nuklir akan sepenuhnya melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB," katanya. AFP PHOTO/South Korean Defence Ministry

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id