comscore
foto
 

    Pelopor Street Photography Sabine Weiss Meninggal Dunia

    29 Desember 2021 20:31 WIB
    Jakarta: Fotografer Swiss-Prancis Sabine Weiss, yang mencatat perubahan sosial dengan pandangan yang unik selama hampir delapan dekade, meninggal dunia di usia 97 tahun. Weiss meninggal di rumahnya di Paris, Selasa, 28 Desember 2021 waktu setempat.

    Weiss adalah yang terakhir dari sekolah fotografi humanis Prancis pasca-Perang Dunia II yang menata ulang kekuatan gambar yang menggugah, termasuk Robert Doisneau, Willy Ronis, dan Brassai.

    Sebagai pionir dari apa yang kemudian dikenal sebagai street photography, Weiss menangkap kondisi orang-orang biasa di ibu kota Prancis, sering kali di luar ruangan, dalam sebuah karya yang telah diperlihatkan dalam retrospektif besar di seluruh dunia.

    Dia juga sangat dikenal sebagai fotografer potret seniman, termasuk komposer Benjamin Britten dan Igor Stravinsky, pemain cello terkenal Pablo Casals dan pelukis Prancis Fernand Leger.

    Weiss lahir di Swiss dan pindah ke Paris pada 1946, dan kemudian menjadi warga negara Prancis. Karyanya telah ditampilkan dalam 160 pameran dan ditampilkan dalam koleksi permanen beberapa museum terkemuka, termasuk Museum Seni Modern dan Museum Seni Metropolitan di New York, dan Centre Pompidou di Paris. AFP PHOTO/Joel Saget/Loic Venance

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id