foto
 

    Badai Amphan Terjang India dan Bangladesh

    21 Mei 2020 08:13 WIB
    Kolkata/Dhaka: Badai Amphan yang membawa hujan deras, angin kencang, dan gelombang laut tinggi menghantam wilayah timur India dan Bangladesh pada Rabu, 20 Mei 2020. Sedikitnya sembilan orang tewas akibat bencana alam tersebut.

      
    Angin kencang dan hujan deras mengguyur desa-desa dan kota-kota pesisir, memutuskan aliran listrik, menumbangkan pepohonan, serta rumah-rumah terendam air.

    "Situasinya lebih mengkhawatirkan daripada pandemi virus korona. Kami tidak tahu bagaimana mengatasinya," kata pemimpin negara bagian Bengal Barat, Mamata Banerjee kepada wartawan, Rabu malam. "Hampir semua desa-desa di pesisir negara bagian hancur."

    Pihak berwenang telah mengevakuasi lebih dari tiga juta orang dari daerah dataran rendah, tetapi tugas itu diperumit oleh kebutuhan untuk mencegah penyebaran virus korona.

    Di Bangladesh para pejabat mengkonfirmasi enam kematian termasuk seorang bocah lelaki berusia lima tahun dan seorang lelaki berusia 75 tahun, keduanya tertimpa pohon-pohon tumbang, dan seorang sukarelawan darurat tewas akibat tenggelam.

    Tiga orang lainnya tewas setelah tertimpa pohon tumbang di Benggala Barat India, kata menteri manajemen bencana negara bagian itu, Javed Khan.

    Kepala departemen meteorologi Bangladesh Shamsuddin Ahmed mengatakan topan itu menghantam distrik pantai barat daya Satkhira dengan kecepatan angin 151 kilometer per jam (93,8 mph).

    Sekitar 224,6 milimeter (0,7 kaki) hujan turun dari Rabu pagi dan angin dengan kecepatan hingga 113 kph (70 mph) menghantam Kolkata, Ibu Kota Negara Bagian Benggala Barat dan rumah bagi sekitar 14,7 juta orang.

    Topan itu diperkirakan akan melemah ketika bergerak ke utara dan timur laut, dan surut ke depresi tropis pada Kamis, 21 Mei 2020 tengah hari, kata Departemen Meteorologi India. AFP PHOTO/Dibyangshu Sarkar/Munir uz Zaman

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id