foto
 

    Prabowo dan Menhan Jepang Sepakat Menentang Langkah Tiongkok

    30 Maret 2021 18:25 WIB
    Tokyo: Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga pada Selasa, 30 Maret 2021.

    Kunjungan dilakukan sehari setelah Jepang dan Indonesia sepakat untuk memperkuat aliansi antarbangsa sebagai bagian dari upaya mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

    Menteri pertahanan Jepang dan Indonesia sepakat untuk mengajak seluruh negara di dunia menentang langkah Tiongkok di perairan kawasan. Kedua negara menolak tindakan apa pun oleh Tiongkok yang dapat meningkatkan ketegangan di perairan regional.

    Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Indonesia Prabowo Subianto di Tokyo. Seusai pertemuan, Kishi mengatakan, mereka akan mendesak Tiongkok agar menahan diri dari upaya secara sepihak mengubah status quo di Laut Cina Selatan dan Timur.

    Dia juga menyuarakan keprihatinan atas penerapan undang-undang Tiongkok yang memungkinkan penjaga pantainya menembaki kapal yang mengganggu apa yang dianggap perairannya. Kishi mengatakan, kedua menteri pertahanan setuju untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dan mengadakan latihan bersama pasukan Jepang dan Indonesia di Laut Cina Selatan.

    Mengenai situasi Myanmar, Kishi setuju untuk bekerja sama menuju pemulihan awal pemerintahan demokratis. Menteri luar negeri dan pertahanan Jepang dan Indonesia dijadwalkan akan mengadakan pembicaraan bersama pada Selasa di Tokyo. Apa yang disebut pembicaraan dua-plus-dua itu akan menjadi yang kedua sejak Desember 2015. AFP Photo/Eugene Hoshiko/David Mareuil

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id