foto
 

    Etnis Minoritas Hazara Hidup Ketakutan Pasca-Taliban Kembali Berkuasa

    14 September 2021 15:12 WIB
    Jakarta: Banyak warga Afghanistan dari etnis minoritas Hazara yang belajar di Kota Najaf, Irak menyaksikan dengan ketakutan ketika tanah air mereka jatuh kembali ke tangan Taliban.

    Sementara merasa aman untuk saat ini, mereka takut terhadap keselamatan keluarga mereka di Afghanistan, dan untuk keselamatan mereka sendiri seandainya kembali.

    Jutaan peziarah Syiah datang setiap tahun ke Najaf untuk berduka atas kematian menantu Nabi Muhammad, Imam Ali, yang makamnya berdiri di kota tersebut.

    Seperti Sheikh Ali Bassir, 51, dia telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memperdalam ilmu agama di Irak.

    "Saya sangat ingin melayani rakyat Afghanistan, saya ingin kembali, tetapi situasinya tidak normal," kata Bassir, dikelilingi rak-rak yang memuat salinan Alquran sementara kipas angin di langit-langit berputar di atas.

    Senyumnya yang tenang berubah menjadi kecut saat ia mempertimbangkan nasib orang-orang Hazara, yang populasinya antara 10 dan 20 persen dari 38 juta warga Afghanistan dan telah lama teraniaya karena keyakinan mereka di negara yang terbelah oleh perpecahan yang mendalam.

    Dengan Taliban kembali memegang kendali sejak bulan lalu, mayoritas kelompok Muslim Syiah khawatir kelompok garis keras Sunni akan kembali menyerang mereka -- seperti yang terjadi selama pemerintahan Taliban sebelumnya pada 1996-2001.

    Selama pengambilalihan pertama oleh para militan di negara itu pada akhir 1990-an, ribuan etnis Hazara diyakini telah dibantai oleh para militan.

    Gambar penghancuran dua patung Buddha besar yang diukir di tebing di provinsi Bamiyan yang sebagian besar Hazara beredar di seluruh dunia pada Maret 2001.

    Hanya beberapa hari setelah kembalinya Taliban, patung pemimpin Hazara terkemuka di Bamiyan dipenggal.

    Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

    AFP PHOTO/Kola Sulaimon

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id