comscore
foto

Tekad Kim Jong Un untuk Perkuat Militer Negaranya

29 Maret 2022 10:21 WIB
Jakarta: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah berjanji untuk membangun kekuatan militer yang luar biasa dan tak terbendung, beberapa hari setelah dia memimpin peluncuran rudal terbesar negara itu.

Komentar Kim setelah Pyongyang berhasil melakukan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM), pertama kalinya Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua dari jarak penuh sejak 2017.

Dikenal sebagai Hwasong-17, ICBM diluncurkan pada Oktober 2020 dan dijuluki sebagai rudal monster oleh para analis.

"Hanya ketika seseorang dilengkapi dengan kemampuan menyerang yang tangguh, kekuatan militer yang luar biasa yang tidak dapat dihentikan oleh siapa pun, seseorang dapat mencegah perang, menjamin keamanan negara dan menahan dan mengendalikan semua ancaman dan pemerasan oleh imperialis," papar Kim.

Kim juga mengatakan ICBM baru itu untuk membantu mencegah setiap gerakan militer Amerika Serikat.

AS sejauh ini terus berusaha untuk menekan Pyongyang agar menyerahkan atau mengurangi persenjataan nuklir dan ICBM. Alat utama sistem senjata Korut itu sewaktu-waktu memang dapat mengancam Amerika Serikat.

Namun, Kim mengatakan ICBM milik Korut tidak dapat ditukar atau dibeli dengan apa pun. Pihaknya berjanji akan terus menyempurnakan
ICBM hingga menjadi kekuatan strategis yang lebih sempurna dan lebih kuat.

Amerika Serikat akan mendorong munculnya sanksi PBB terhadap Korut yang baru atas uji coba ICBM terbaru sebab tindakan tersebut masuk kategori provokasi yang membahayakan. Akan tetapi, Tiongkok dan Rusia menilai langkah Korut itu hanya sebagai pengembangan untuk melindungi teritorial Korut.

Korut mengumumkan rudal yang diluncurkan pada pekan lalu merupakan jenis Hwasong-17. Berdasarkan data yang diungkap Jepang dan Korea Selatan, rudal ICBM Hwasong-17 memiliki kemampuan jelajah lebih luas dari pada jenis serupa yang diluncurkan sebelumnya. Namun, intelijen AS dan Korsel menyebut rudal yang diuji Pyongyang merupakan stok lama yakni Hwasong-15. AFP PHOTO

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id