comscore
foto

Upaya Tim SAR Kolombia Selamatkan 14 Penambang yang Terjebak di Bawah Tanah

02 Juni 2022 15:15 WIB
Jakarta: Tim penyelamat melanjutkan pekerjaan untuk mencoba membebaskan 14 penambang yang terperangkap selama dua hari di sebuah tambang batu bara di Kolombia menyusul ledakan yang menewaskan satu pekerja.

"Para penambang diyakini berada 200 meter di bawah tanah, sementara tim penyelamat berusaha menggali sedalam 55 meter untuk mengakses sirkuit ventilasi dan mulai menghasilkan kondisi yang lebih baik di dalam tambang," kata Jhon Olivares, sekretaris tambang di departemen Norte de Santander.

"Pihak berwenang masih menyelidiki insiden yang terjadi pada Senin, 30 Mei 2022, tetapi apa yang dapat kami simpulkan pada awalnya adalah bahwa itu karena konsentrasi metana di dalam tambang yang menyebabkan ledakan, kebakaran, dan keruntuhan," kata Olivares.

Seorang penambang yang berada di luar terowongan pada saat ledakan meninggal karena luka bakar yang serius.

Teman dan anggota keluarga menunggu di tepi sungai dekat tambang, tempat ratusan penyelamat bekerja siang dan malam untuk membebaskan para penambang.

Olivares mengatakan tambang itu memiliki izin resmi untuk beroperasi meskipun operasinya telah ditangguhkan antara Maret 2021 hingga Mei tahun ini karena kecelakaan sebelumnya.

"Itulah salah satu pertanyaan yang harus kami ajukan kepada badan pertambangan nasional setelah operasi penyelamatan selesai," kata Olivares.

Tahun lalu, Kolombia mencatat 148 kematian dalam kecelakaan pertambangan. Bahan mentah yang ditambang adalah salah satu ekspor utama negara itu selain minyak. AFP PHOTO/Schneyder Mendoza/Edinson Estupinan

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id