foto
 

    Lebih dari 25 Ribu Warga Ethiopia Mengungsi ke Sudan

    18 November 2020 16:25 WIB
    Sudan: Badan urusan pengungsi PBB (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR) menyatakan lebih dari 25 ribu warga Ethiopia, kebanyakan perempuan dan anak-anak, telah lari menghindari kekerasan di kawasan Tigray di negara itu menuju Sudan.

    Saat ini, mereka berada di daerah perbatasan dengan Sudan dan menghadapi keadaan darurat pengungsi.

    Menurut UNHCR, kelompok terbesar yang mengungsi sejak konflik dimulai, terdiri dari hampir 5.000 orang, tiba di provinsi-provinsi perbatasan Sudan pada hari Minggu, 15 November 2020.

    Pertempuran meletus pada pekan lalu setelah PM Ethiopia Abiy Ahmed meluncurkan ofensif militer terhadap pemerintah regional Tigray, setelah serangan yang diduga dilakukan pasukan Tigray.

    Pemerintah Abiy pada hari Senin, 16 November 2020, kembali menolak permintaan dunia internasional agar membuka pembicaraan untuk mengakhiri konflik, sementara negara tetangga Uganda dan Kenya mengemukakan permintaan serupa bagi kedua pihak untuk mengupayakan resolusi damai bagi krisis di sana.

    Ketegangan meningkat di kawasan sejak 9 September lalu sewaktu Tigray, negara bagian paling utara di Ethiopia, bersikukuh mengadakan pemilihan regional setelah Ahmed menangguhkan pemilu, dengan alasan pandemi Covid-19. AFP Photo/Ebrahim Hamid

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id