comscore
foto

Ini Wujud Pangkalan Drone Bawah Tanah Iran

31 Mei 2022 06:49 WIB
Jakarta: Televisi pemerintah Iran pada hari Sabtu, 28 Mei 2022, menyiarkan cuplikan dari pangkalan angkatan udara untuk drone di bawah pegunungan Zagros di barat negara itu.

Lokasi pasti pangkalan itu tidak diungkapkan, meskipun reporter TV mengatakan dia melakukan perjalanan dengan helikopter selama hampir 40 menit dari kota Kermanshah untuk mencapainya.

Iran mulai mengembangkan drone, atau pesawat udara tak berawak (UAV), pada 1980-an selama perang delapan tahun dengan Irak.

AS dan Israel menuduh Iran mengirim armada drone ke proksinya di Timur Tengah, termasuk gerakan Hizbullah Lebanon, rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, dan pemberontak Houthi Yaman.

Video yang ditayangkan di televisi pemerintah menunjukkan kepala staf angkatan bersenjata Iran Jenderal Mohammad Bagheri dan komandan tentara Abdolrahim Mousavi mengunjungi situs bawah tanah tersebut. 
 
"Lebih dari 100 drone tempur, pengintaian dan penyerang milik tentara disimpan untuk operasi di pangkalan yang terletak di jantung pegunungan Zagros ini," kata laporan itu.

Bagheri, yang dikutip oleh kantor berita resmi IRNA, menggambarkan situs itu sebagai basis operasional yang aman untuk drone strategis.

"Kami tidak pernah meremehkan ancaman, kami tidak pernah menganggap musuh tertidur, dan kami selalu waspada dan waspada," tambahnya.

Mousavi mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa pangkalan itu terletak beberapa ratus meter (meter) di bawah tanah, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

TV pemerintah mengatakan bahwa armada utama adalah 'Kaman-22', sebuah pesawat tak berawak yang dilengkapi dengan rudal dan mampu terbang setidaknya 2.000 kilometer (1.245 mil).

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi pada program drone Korps Pengawal Revolusi Islam Iran pada Oktober tahun lalu.

Ia menuduh Pengawal berada di balik serangan pesawat tak berawak September 2019 di kilang minyak Saudi, serta serangan pesawat tak berawak Juli 2021 di sebuah kapal komersial di lepas pantai Oman yang menewaskan dua awak. Namun Iran membantah tuduhan itu. AFP PHOTO/Iranian Army office

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id