comscore
foto

Jalan di Depan Kedutaan Saudi di Washington Ganti Jadi Jamal Khashoggi Way

16 Juni 2022 09:54 WIB
Jakarta: Jalan di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington pada Rabu, 15 Juni 2022, diubah namanya menjadi 'Jamal Khashoggi Way', ketika para aktivis bersumpah untuk tidak pernah melupakan jurnalis yang terbunuh itu, meskipun Presiden Joe Biden berencana mengunjungi negara kerajaan itu.

Pemerintah Kota Washington mengubah nama jalan itu sebagai penghormatan terhadap Khashoggi, wartawan Saudi yang dibunuh kemudian dimutilasi di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2018.

"Jalan itu akan berfungsi sebagai pengingat dan peringatan untuk mengenang Jamal Khashoggi yang tidak dapat ditutup-tutupi," kata Phil Mendelson, Presiden Dewan Distrik Columbia yang memilih dengan suara bulat untuk mengganti nama di New Hampshire Avenue itu.

Perubahan nama jalan itu terjadi sehari setelah Gedung Putih mengumumkan bahwa Biden akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi bulan depan dan bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang menurut intelijen AS mengizinkan pembunuhan itu.

Biden sebelumnya berjanji untuk memberikan status paria ke Arab Saudi atas berbagai pelanggaran HAM termasuk pembunuhan Khashoggi, yang telah menulis secara kritis tentang pangeran yang berkuasa di The Washington Post.

Tawakkol Karman, seorang aktivis dan penulis Yaman yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, saat peresmian nama jalan tersebut mengatakan bahwa rencana kunjungan Biden sama saja telah meninggalkan komitmennya untuk mendukung HAM di berbagai penjuru dunia. AFP PHOTO/Mandel Ngan/Nathan Howard

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id