comscore
foto

3 Meninggal, 3 Hilang Tertimpa Salju Longsor di Gunung Berapi Ekuador

25 Oktober 2021 10:18 WIB
Jakarta: Longsor yang gunung berapi Ekuador yang tertutup salju, puncak tertinggi di negara itu, Minggu, 24 Oktober 2021 waktu setempat mengakibatkan sedikitnya tiga pendaki meninggal dan tiga lainnya hilang.

Longsoran salju menimpa sekelompok 16 pendaki gunung saat berada di ketinggian 6.100 meter (20.000 kaki) di gunung berapi Chimborazo yang tidak aktif.

"Ada tiga pendaki gunung yang hilang, tiga meninggal, tiga terluka dan tujuh diselamatkan, dari total 16 orang," kata petugas pemadam kebakaran Quito.

Sebuah laporan sebelumnya dari layanan keamanan ECU911 negara itu mengatakan empat pendaki meninggal dan satu terluka.

Pihak berwenang tidak mengidentifikasi pendaki atau kebangsaan mereka, tetapi surat kabar Quito El Comercio melaporkan bahwa semuanya adalah warga Ekuador.

Menurut petugas pemadam kebakaran, longsoran itu dipicu oleh kondisi cuaca dan bukan disebabkan oleh aktivitas gunung berapi.

Tim penyelamat serta personel polisi dan militer yang berspesialisasi dalam operasi elevasi tinggi mendirikan pusat komando di Chimborazo untuk mengoordinasikan operasi pencarian dan penyelamatan.

Akibat kejadian tersebut Kementerian Lingkungan Ekuador menutup sementara cagar alam Chimborazo di sekitarnya, yang populer di kalangan wisatawan.

Gunung berapi, yang menjulang lebih dari 6.200 meter, tertutup salju dan gletser sepanjang tahun dan terletak sekitar 130 kilometer (80 mil) selatan Quito.

 Chimborazo menarik pendaki Ekuador dan asing. Sementara kota Riobamba dan Ambato terletak di bawahnya. AFP PHOTO/Ecuador´s National Police 

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id