comscore
foto

Foto: PM Kamboja Kunjungi Myanmar

07 Januari 2022 13:21 WIB
Jakarta: Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, tiba di Myanmar Jumat, 7 Januari 2022, untuk melakukan pembicaraan dengan junta. Hun Sen merupakan pemimpin asing pertama yang berkunjung sejak para jenderal Myanmar merebut kekuasaan hampir setahun lalu.

Myanmar telah berada dalam kekacauan sejak kudeta 1 Februari 2021 yang menggulingkan pemerintah sipil Aung San Suu Kyi dan mengakhiri kesetiaan negara itu selama satu dekade dengan demokrasi.

Lebih dari 1.400 warga sipil meninggal saat militer menindak perbedaan pendapat, menurut kelompok pemantau lokal, dan banyak milisi anti-junta bermunculan di seluruh negeri.

Hun Sen, yang negaranya saat ini menjabat sebagai ketua bergilir Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), mendarat di ibu kota Naypyidaw sembari membawa tiga juta masker wajah dan peralatan medis lainnya sebagai hadiah untuk junta.

Dia mengatakan akan menggunakan pertemuannya dengan pemimpin militer Min Aung Hlaing untuk menekan 'lima poin konsensus' yang disepakati para pemimpin ASEAN tahun lalu sebagai sarana untuk meredakan krisis Myanmar.

Menjelang perjalanannya, dia menyerukan gencatan senjata, sembari mendesak semua pihak terkait untuk menghentikan kekerasan yang telah melanda negara itu selama hampir satu tahun.

Kelompok hak asasi dan aktivis anti-junta setempat telah mendesak Hun Sen untuk membatalkan perjalanan dua hari itu, dengan mengatakan bahwa hal itu sama saja melegitimasi rezim militer.

Namun Hun Sen meminta kesabaran, bersikeras kunjungan itu bisa berdampak positif. AFP PHOTO/Myanmar Miliary Information Team

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id