comscore
foto

Potret Donbas Hancur Digempur Rusia

21 Mei 2022 11:23 WIB
Jakarta: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut gempuran terbaru Rusia ke wilayah Donbas telah membuat kawasan di timur Ukraina itu hancur.

Seusai gagal menguasai ibu kota Kiev pada awal Februari, Rusia memang berganti memfokuskan serangan ke timur dan selatan Ukraina. Tembakan artileri Rusia itu menghancurkan perkotaan dan perdesaan.

Kini, target pasukan Moskow ialah menguasai seluruhnya Donbas, wilayah yang penduduknya berbahasa Rusia dan sebagian sudah dikuasai pasukan separatis pro-Rusia sejak 2014.

“Pasukan musuh berusaha mempergencar serangan di Donbas. Wilayah itu kini terancam kehancuran,” ujar Zelensky.

Kementerian Pertahanan Ukraina menyebut pasukan Rusia juga melarang warga di Donbas mengungsi ke kawasan yang masih dikuasai Ukraina. Sementara itu, Gubernur Severodonetsk mengatakan 12 orang tewas dan 40 lainnya terluka akibat tembakan artileri. 

Severodonetsk dan kota tetangganya, Lysychansk, merupakan kantong pertahanan terakhir Ukraina di wilayah Donbas. Pasukan Rusia telah mengepung Severodonetsk ataupun Lysychansk yang dipisahkan oleh sebuah sungai. 

Moskow terus melancarkan serangan artileri untuk menghancurkan perlawanan Ukraina dan menghambat warga mendapat pasokan. Sisa warga yang masih bertahan kini bahkan takut untuk keluar terlalu jauh dari rumah mereka.

Nella Kashkina, 65, misalnya, hanya bisa berlindung sambil berdoa di ruang bawah tanah di rumahnya yang diterangi sebuah lampu minyak. “Saya tidak tahu sampai kapan bisa bertahan. Obat-obatan sudah habis, tapi warga yang sakit terus bertambah,” kata Kashkina.

Zelensky sendiri menggambarkan penggempuran Severodonetsk itu sebagai tindakan yang brutal. AFP PHOTO/Ronlado Schemidt

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id