foto
 

    Resmi, El Salvador Gunakan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran

    10 Juni 2021 14:24 WIB
    San Salvador: Presiden El salvador menyatakan bahwa Bitcoin akan menjadi alat pembayaran yang sah di negaranya, menjadikannya negara pertama yang mengadopsi mata uang kripto untuk penggunaan sehari-hari.

    Anggota parlemen di Kongres negara Amerika Tengah itu meloloskan RUU pada Selasa, 8 Juni 2021 malam waktu setempat, yang akan memungkinkan mata uang digital yang terkenal fluktuatif tersebut digunakan untuk banyak aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari pembelian properti hingga kontribusi pajak.

    "#BitcoinLaw baru saja disetujui oleh mayoritas yang memenuhi syarat di majelis legislatif", tweet Presiden Nayib Bukele setelah pemungutan suara Selasa malam. "Sejarah!" tambah Presiden.

    Pemimpin berusia 39 tahun itu mengatakan mayoritas dari 62 dari 84 anggota parlemen menyetujui RUU itu, yang dia usulkan minggu lalu. Undang-undang itu disahkan dengan dukungan sekutu Bukele meskipun partai-partai oposisi minoritas menolak untuk mendukungnya.

    Cryptocurrency telah melonjak popularitasnya karena penggunaannya sebagai penyimpan nilai, anonimitas relatif yang mereka tawarkan kepada pengguna dan fluktuasi harga liar yang menghadirkan peluang untuk keuntungan lebih besar daripada berinvestasi di bursa saham reguler dunia.

    Volatilitas bitcoin - saat ini dihargai USD33.814 - dan status hukumnya yang suram telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah itu dapat menggantikan mata uang tradisional dalam transaksi sehari-hari.

    Tetapi El Salvador - negara kecil di mana empat dari 10 orang hidup dalam kemiskinan - telah beralih ke aset crypto teratas yang telah didukung oleh miliarder seperti Elon Musk dan perusahaan keuangan besar seperti PayPal dalam upaya untuk meningkatkan pengiriman uangnya - yang bergantung pada ekonomi.

    Mata uang utama El Salvador adalah dolar AS dan masih belum jelas bagaimana negara tersebut berencana menerapkan bitcoin sebagai mata uang yang berfungsi.

    Namun Bukele memuji mata uang virtual sebagai cara yang paling cepat berkembang untuk mentransfer miliaran dolar dalam pengiriman uang dan untuk mencegah hilangnya jutaan dari perantara.

    Pengiriman uang dari orang-orang Salvador yang bekerja di luar negeri mewakili sebagian besar perekonomian -- setara dengan sekitar 22 persen Produk Domestik Bruto.

     Menurut laporan resmi, pada tahun 2020, pengiriman uang ke negara tersebut mencapai USD5,9 miliar. AFP PHOTO/Stanley Estrada

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id