foto
 

    Bentrokan Partai Islam dan Kepolisian di Pakistan Lumpuhkan Negara

    20 April 2021 10:12 WIB
    Lahore: Sebelas personel kepolisian dibebaskan menyusul negosiasi antara pemerintah dan perwakilan Tehrik-e-Labaik Pakistan (TLP) yang membarikade diri di kantor pusatnya di timur Lahore.

    TLP mengklaim setidaknya tiga anggotanya tewas akibat bentrokan dengan kepolisian, Senin, 19 April 2021.

    Foto-foto yang menampilkan sandera dengan lilitan perban di bagian kepala, kaki atau lengan, diunggah ke media sosial oleh para pelaku. "Mereka sudah membebaskan kesebelas polisi yang disandera,” kata Menteri Dalam Negeri, Sheikh Rashid Ahmad.

    Firdous Ashiq Awan, juru bicara pemerintahan provinsi Punjab, mengatakan para sandera sempat dibawa ke sebuah masjid yang dikelola TLP di Lahore, di mana ratusan suporter sudah membarikade diri. 

    "Kelompok bersenjatakan bom bensin dan botol berisikan cairan asam, menyerbu pos polisi Nawankot pagi ini,” tulisnya via Twitter, Minggu, 18 April 2021, ketika simpatisan TLP membalas dendam.

    Sebuah video yang beredar di media sosial menampilkan perwira senior kepolisian dari pos polisi yang diserbu TLP sedang disandera. Dia terlihat berbicara di depan kamera dengan wajah tanpa eskspresi.

    Bentrokan terjadi sepanjang pekan lalu, ketika ribuan simpatisan TLP menuntut pengusiran duta besar Perancis sebagai balasan atas karikatur Nabi Muhammad. Pemerintah di Paris sudah mengimbau warganya di Pakistan agar secepatnya hengkang.

    Dalam aksinya, partai Islam garis keras itu memblokade jalan-jalan utama, pintu masuk dan keluar di kota-kota besar dan mengimbau semua toko di Pakistan agar tutup.

    Setidaknya empat aparat keamanan tewas dan lebih dari 500 lainnya mengalami luka-luka dalam bentrokan pada pekan lalu, ketika pemerintah menahan pemimpin TLP, Saad Hussain Rizvi, yang berusia 26 tahun. AFP Photo


    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id