comscore
foto
 

    Putra Mantan Diktator Ferdinand Marcos Calonkan Diri sebagai Presiden

    06 Oktober 2021 12:41 WIB
    Jakarta: Mantan senator yang juga putra mantan diktator Filipina Ferdinand Marcos, Ferdinand 'Bongbong' Marcos Jr resmi mengajukan sertifikat pencalonannya (COC) untuk pemilihan presiden pada 2022, Rabu, 6 Oktober 2021.

    Ia mengajukan sertifikat pencalonannya sebagai presiden dalam pemilihan nasional Mei 2022 di bawah partai politik Partido Federal ng Pilipinas. Dia mengajukan COC-nya sehari setelah mengumumkan pencalonannya sebagai presiden.

    “Saya mengajukan sertifikat pencalonan saya sebagai presiden. Jadi, saya kira itu membuat semuanya resmi, ”kata Marcos.

    Sebelumnya, Marcos mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilihan 2016 tetapi kalah dari Leni Robredo. Dia kemudian mengajukan protes pemilihan, tetapi Mahkamah Agung dengan suara bulat menolaknya dan memutuskan mendukung Robredo.

    Dia juga sebelumnya menjabat sebagai anggota kongres yang mewakili Ilocos Norte, dan juga memegang jabatan gubernur dan wakil gubernur di provinsi tersebut.

    Ketika dia mengumumkan rencananya 2022 pada hari Selasa, 5 Oktober, kelompok-kelompok hak asasi mengecam langkah itu sebagai penghinaan terhadap para korban darurat militer.

    Di bawah pemerintahan militer Ferdinand Marcos, lebih dari 11.000 orang menjadi korban eksekusi singkat, penyiksaan, penghilangan paksa  dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya sebagaimana diakui di bawah Undang-Undang Reparasi dan Pengakuan Korban Hak Asasi Manusia. Tetapi kelompok hak asasi memperkirakan sekitar 70.000 orang dipenjara dan 34.000 disiksa.

    Data dari Bank Dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa juga menunjukkan mendiang pemimpin Filipina itu telah mengumpulkan kekayaan sekitar USD5 miliar hingga USD10 miliar dalam kekayaan haram dari tahun 1965 hingga 1986.

    Bongbong telah berulang kali meremehkan laporan tentang kekejaman selama darurat militer, dengan mengatakan bahwa itu adalah bagian dari propaganda politik. AFP PHOTO/Rouelle Umali

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id