comscore
foto

Tiga Jenazah Ditemukan Pasca-Rusuh di Kepulauan Solomon

27 November 2021 11:15 WIB
Jakarta: Sedikitnya tiga jenazah telah ditemukan di sebuah gedung yang terbakar di ibu kota Kepulauan Solomon, Honiara, Sabtu, 27 November 2021. Ini merupakan kematian pertama yang dilaporkan setelah negara tersebut berhari-hari dilanda kerusuhan.

Jenazah-jenazah dalam keadaan hangus itu ditemukan di sebuah toko di distrik Chinatown. Seorang penjaga keamanan mengatakan kepada AFP bahwa dia menemukannya di dua kamar berbeda, Jumat, 26 November 2021 malam.

Polisi mengatakan tim forensik telah meluncurkan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kematian tersebut.

Jalan-jalan ibu kota tetap relatif sepi pada Sabtu pagi ketika penduduk setempat mulai menilai kerusakan yang ditinggalkan oleh kerusuhan berhari-hari.

Jam malam telah diberlakukan di ibu kota yang bergolak semalam setelah hari ketiga kekerasan yang membuat rumah perdana menteri diserang dan sebagian besar kota menjadi puing-puing yang membara.

Penjaga perdamaian Australia, yang tiba di negara itu Kamis, 25 November 2021 malam, juga bergabung dengan polisi di jalan-jalan untuk memulihkan ketertiban dan melindungi infrastruktur penting.

Ledakan kekerasan sebagian merupakan akibat dari frustrasi dengan pemerintah Perdana Menteri Manasseh Sogavare dan pengangguran kronis -- yang diperburuk oleh pandemi.

Para ahli mengatakan krisis juga telah dipicu oleh permusuhan lama antara penduduk pulau terpadat Malaita dan pemerintah pusat yang berbasis di pulau Guadalcanal.

Negara kepulauan berpenduduk sekitar 700.000 orang itu selama beberapa dekade mengalami ketegangan etnis dan politik.

 Penduduk Malaita telah lama mengeluh bahwa pulau mereka diabaikan oleh pemerintah pusat, dan perpecahan meningkat ketika Sogavare mengakui Beijing pada 2019. AFP PHOTO/Charley Piringi

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id