comscore
foto
 

    Warga La Palma Kembali ke Rumah Bersih-bersih Abu Vulkanik

    12 Januari 2022 12:09 WIB
    Jakarta: Selama berminggu-minggu banyak warga bermimpi untuk kembali ke rumah yang ditinggalkan ketika gunung berapi di pulau La Palma, Spanyol,  meletus.
     
    Saat akhirnya bisa kembali ke rumah, kegembiraan mereka berkurang dengan menemukan semuanya tertutup lautan abu.

    "Ini dunia lain," kata Felix Rodriguez, seorang tukang batu berusia 61 tahun, sambil menyapu abu dari atap rumahnya ke teras di bawahnya.

    Dia adalah satu dari sekitar 1.000 orang yang diizinkan kembali ke rumah mereka minggu ini, dari total 7.000 yang dievakuasi setelah gunung berapi Cumbre Vieja meletus pada 19 September, memuntahkan lava dan gumpalan abu tebal ke udara.

    Tapi seperti banyak orang lain, dia tidak akan bisa langsung menempati rumahnya. Selain menutup pintu dan jalan setapak dengan tumpukan abu, lahar dari erupsi merusak pipa-pipa, sehingga tidak ada air yang mengalir.

    Lava juga telah memblokir jalan utama di lembah Aridane, memaksa penduduk daerah untuk mengambil rute yang lebih lama di sekitar pulau untuk perjalanan layanan dasar yang biasanya hanya memakan waktu lima menit.

    Sementara lahar merah membara secara ajaib menyelamatkan rumah Rodriguez, namun menelan kuburan di dekatnya dan hanya menyisakan beberapa makam yang terlihat. AFP PHOTO/Desiree Martin

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id