foto
 

    Lagi, Demonstran Robohkan Patung Konfederasi AS

    20 Juni 2020 22:38 WIB
    Washington: Sejumlah demonstran anti-rasisme merobohkan sebuah patung tokoh pimpinan Konfederasi yang terletak di Washington D.C. pada Jumat, 19 Juni 2020 malam waktu setempat. Peristiwa itu kemudian dikomentari oleh Presiden AS Donald Trump sebagai suatu hal yang memalukan.  

    Laporan stasiun televisi menunjukkan patung Albert Pike, yang berlokasi di dekat Judiciary Square, ditarik menggunakan tali tambang, seraya para demonstran menyerukan 'black lives matter' --tajuk dari aksi unjuk rasa yang telah berjalan hampir satu bulan itu.

    Mereka kemudian menyiram cairan minyak dan membakar patung tersebut. Polisi kemudian sigap memadamkannya.

    Peristiwa itu terjadi saat ribuan pengunjuk rasa berpawai dalam peringatan 'Juneteenth', hari 19 Juni, yang merupakan tonggak penghapusan perbudakan di AS sejak 1865.

    Merespon kejadian itu, Trump lalu berkomentar dalam satu cuitan di Twitter, "Kepolisian D.C tidak melakukan tugas mereka, dan hanya menonton ketika sebuah patung dirobohkan dan dibakar. Orang-orang itu harus segera ditangkap. Sebuah aib bagi negeri ini!"

    Aksi protes besar-besaran terjadi di AS, bahkan menyebar ke sejumlah negara lain, setelah terjadi kasus pembunuhan George Floyd di Minneapolis pada 25 Mei lalu.

    Terkait kematian pria kulit hitam itu, aksi protes yang awalnya menuntut penegakan hukum anti-diskriminasi dan anti-rasisme, kemudian merembet pada penggulingan patung-patung tokoh Konfederasi Amerika--negara ketika masa Perang Saudara yang lekat dengan perbudakan. AFP PHOTO/Eric Baradat

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id