comscore
foto

Wow! Botswana Temukan Berlian Terbesar Ketiga di Dunia

08 Juli 2021 14:43 WIB
Gaborone: Sebuah batu berlian 1.174 karat yang sangat besar dan putih telah ditemukan di Botswana. Ukuran berlian tersebut mengalahkan batu berharga besar lainnya yang ditemukan di negara itu bulan lalu.

Batu sebesar genggaman tangan pria dewasa tersebut ditemukan pada 12 Juni oleh perusahaan Berlian Kanada, Lucara dan dipresentasikan ke kabinet negara di Ibu Kota Gaborone pada Rabu, 7 Juli 2021 waktu setempat.

"Ini adalah sejarah, bagi kami dan Botswana juga," kata direktur pelaksana perusahaan Naseem Lahri, sembari menambahkan bahwa berlian tersebut berada di posisi ketiga di antara batu permata terbesar di dunia. "Dalam hal ukuran batu besar, itu sebenarnya berada di nomor tiga dalam hierarki," kata Lahri.

Pada 1 Juni lalu, perusahaan berlian Botswana, Debswana, mengatakan telah menemukan batu terbesar ketiga di dunia berbobot 1.098 karat.

Temuan terbaru memantapkan Botswana sebagai pemimpin di panggung dunia batu terbesar, terhitung enam dalam daftar sepuluh besar.

 Berlian terbesar yang pernah ditemukan di dunia adalah Cullinan 3.106 karat, ditemukan di Afrika Selatan pada 1905. Bagian dari berlian itu menghiasi permata mahkota Inggris.

Presiden Mokgweetsi Masisi pada hari Rabu menyambut momen memukau dan frekuensi penemuan berlian yang berkembang di negara itu - menjanjikan bahwa negara Afrika selatan itu akan memiliki warisan jangka panjang.
 AFP PHOTO/Monirul Bhuiyan

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id