foto
 

    Dua Warga Kanada Dibebaskan oleh Tiongkok

    25 September 2021 10:57 WIB
    Jakarta: Dua warga Kanada yang dipenjara dalam apa yang oleh para kritikus Tiongkok Barat sebagai 'diplomasi sandera' pulang pada Jumat, 24 Septembre 2021, setelah dibebaskan.

    Mantan diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor itu telah meninggalkan wilayah udara Tiongkok, dan mereka dalam perjalanan pulang," kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dalam konferensi pers di Ottawa. "Pesawat mereka diperkirakan akan mendarat Sabtu di Kanada." 

    Duo Michael, sebagaimana mereka dikenal di Kanada, telah ditangkap dan dipenjarakan atas tuduhan spionase pada hari-hari setelah Kanada menahan eksekutif Huawei Meng Wanzhou. Penangkapan yang tampaknya saling balas itu memperburuk hubungan Kanada-Tiongkok.

    Sebelumnya, seorang hakim Kanada mengakhiri proses ekstradisi terhadap Meng dan mencabut persyaratan jaminannya, memungkinkannya untuk kembali ke Tiongkok untuk pertama kalinya sejak penangkapannya di bandara internasional Vancouver atas perintah otoritas AS pada 1 Desember 2018.

    Langkah hakim Kanada itu mengikuti kesepakatan yang dia buat dengan Departemen Kehakiman AS untuk menangguhkan tuduhan penipuan terhadapnya.

    Amerika Serikat memuji pembebasan kedua pria itu, dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan negaranya senang dengan langkah Tiongkok dan berdiri dengan komunitas internasional dalam menyambut keputusan oleh otoritas Republik Rakyat Tiongkok untuk membebaskan Kanada.

    Baik Kovrig dan Spavor diadili pada bulan Maret tahun ini. Pada bulan Agustus, Spavor dijatuhi hukuman 11 tahun penjara, sementara belum ada keputusan dalam kasus Kovrig.

    Trudeau sebelumnya mengecam hukuman Spavor sebagai tidak dapat diterima dan tidak adil, dan mengatakan tuduhan itu dibuat-buat.

    Pada hari Jumat, dia berkata: "Kedua pria ini telah melalui cobaan yang luar biasa sulit. Selama 1.000 hari terakhir, mereka telah menunjukkan kekuatan, ketekunan, ketangguhan, dan rahmat," katanya. Dan kita semua terinspirasi oleh itu."  AFP PHOTO/Wang Zhao/Jule David de Lossy

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id